Walikota Sutiaji Kenalkan Market Place Lokal Malang ke Wantannas

Walikota Malang, Drs Sutiaji menerima kunjungan Tim Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). Rombongan yang dipimpin Deputi Pengembangan Setjen Wantannas, Marsda TNI Dr Sungkono SE MSi ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan ekonomi daerah selama pandemi Covid-19. Masukan dari Daerah akan menjadi rekomendasi yang diserahkan kepada Presiden.

Marsda TNI Dr Sungkono SE MSi menambahkan, kota Malang ditunjuk menjadi pilot project dalam upayanya yang telah sukses memulihkan perekonomian secara cepat di masa pandemi ini. Pada kesempatan ini Walikota Sutiaji memaparkan spirit kebangsaan melalui kecintaan terhadap produk dalam negeri kepada rombongan Wantanas. Walikota Sutiaji juga memperkenalkan market place lokal Kota Malang sebagai bentuk penguatan UM & IKM lokal.

“Namanya MalangGleerrr, yang itu didevelop oleh teman-teman komunitas sebagai bagian dari konsep pembangunan pentahelix,” imbuhnya. Selain penguatan UM & IKM, dalam rangka pemberdayaan masyarakat, kota Malang juga meluncurkan program OJIR (Ojo Percoyo Rentenir). Program tersebut untuk membendung bank thitil dan melepaskan masyarakat, termasuk pelaku usaha mikro dari jeratan rentenir.

Wantannas mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan pembinaan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia. Dalam menyelenggarakan tugas tersebut, Wantannas mempunyai fungsi:

  1. Penetapan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka pembinaan ketahanan nasional Indonesia.
  2. Penetapan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka menjamin keselamatan bangsa dan negara.
  3. Penetapan resiko pembangunan nasional yang dihadapi untuk kurun waktu tertentu dan pengerahan sumber-sumber kekuatan bangsa dan negara dalam rangka merehabilitasi akibat dari resiko pembangunan.

Susunan organisasi Wantannas terdiri dari:

Ketua Dewan: Presiden Republik Indonesia
Sekretaris Dewan: Sekretaris Jenderal Wantannas merangkap anggota

Anggota Dewan:
Wakil Presiden Republik Indonesia
Menteri Negara Koordinator Bidang Politik dan Keamanan
Menteri Negara Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri
Menteri Negara Koordinator Bidang Pengawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara
Menteri Negara Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan
Menteri Negara Sekretaris Negara
Menteri Dalam Negeri
Menteri Luar Negeri
Menteri Pertahanan Keamanan
Menteri Penerangan
Menteri Kehakiman
Panglima ABRI
Kepala Badan Koordinasi Intelijen Negara.

Susunan anggota diatas merupakan anggota inti Wantannas. Keanggotaan Wantannas dapat ditambah sesuai kebutuhan. Ketua Wantannas juga dapat membentuk panitia ad-hoc dan/atau kelompok kerja sesuai dengan kebutuhan.

Form Pendaftaran Workshop Zona Inklusi Keuangan dan Permodalan
Malang Gleerrr Platform Pemasaran Digital UMKM dan IKM se-Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Navigasi
Close

Keranjang

Close

Daftar Keinginan

Data pribadi anda akan digunakan untuk mengelola akses ke akun anda, dan untuk tujuan lain yang dijelaskan dalam kebijakan privasi kami.

Sudah punya akun ?

Close

Kategori