Prelude Kampung Wirausaha Indonesia Di Kota Malang

Kota Malang terdiri dari 57 Kelurahan. Masing-masing mempunyai ciri, karakter, root dan kultur sosial yang berbeda-beda. Sangat heterogen. Keaneka ragaman ini, justru menjadi modal utama dan pondasi yang sangat kuat, untuk pembangunan daerah Kota Malang ke depannya. Asimilasi dan akulturasi kehidupan bermasyarakat, sudah menjadi satu kesatuan tarikan nafas dinamika sosial yang berkembang di Kota Malang. Maka, ketika Pimpinan Bank Jatim wilayah Malang Raya mengajukan sebuah pertanyaan strategis, “Kelurahan mana di Kota Malang yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai sebuah Kampung Wirausaha?” Itu adalah sebuah pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan sembarangan. Sangat dibutuhkan data-data, informasi dan fakta lapangan yang riil. Pertanyaan itu diajukan kepada Tim Kerja MalangGleerrr.com dalam sebuah acara “Coffee Morning” di Kantor Pusat Bank Jatim Malang Raya, yang dihadiri langsung oleh Pimpinan Bank Jatim Malang Raya bersama beberapa stafnya.

Setelah berdiskusi intens, berbasis data-data dan informasi awal yang ada, akhirnya ditemukan 5 pilihan Kelurahan di Kota Malang yang bisa dijadikan sebagai sebuah “Kampung Wirausaha”. Lalu, diprioritaskan satu pilot project sebagai upaya sangat serius dari Bank Jatim untuk membangun Kampung Wirausaha Indonesia di Kota Malang. Setelah itu, Tim Kerja MalangGleerrr.com turun langsung ke lapangan. Bukan sekedar survey lapangan, tetapi juga benar-benar menyelami atmosfer “Semangat Gotong Royong & Guyub Rukun” dari 5 pilihan Kelurahan yang hendak dijadikan pilot project. Akhirnya, pilihan utamanya adalah: Kelurahan Gading Kasri.

Titik awal membangun Kelurahan Gading Kasri sebagai Kampung Wirausaha Indonesia di Kota Malang, kemudian lebih diseriusi lagi oleh Tim Kerja Bank Jatim dan Tim Kerja MalangGleerrr.com, dengan melakukan studi banding ke beberapa kampung-kampung yang sudah mempunyai branding established. Salah satunya adalah Kampung Café Sawah Pujon Kidul. Hasil studi banding tersebut, semakin memperkaya insight dan letupan inspirasi untuk membangun Kelurahan Gading Kasri sebagai: Kampung Wirausaha Indonesia di Kota Malang.

Tim Kerja MalangGleerrr.com sudah mempunyai anggota para pelaku UMKM & IKM, yang berdomisili di Kelurahan Gading Kasri. Bahkan mereka sudah tergabung dalam organisasi Kelompok UMKM Kreatif Kelurahan Gading Kasri. Penggeraknya adalah Bu Nanik, Bu Desi, dan beberapa Ibu-Ibu PKK di Kelurahan Gading Kasri. Hal tentu sangat membantu komunikasi awal, untuk sharing dan brainstorming ide menjadikan Kelurahan Gading Kasri sebagai Kampung Wirausaha Indonesia di Kota Malang. Diskusi sangat intens dilakukan oleh Tim Kerja MalangGleerrr.com bersama Kelompok UMKM Kreatif Kelurahan Gading Kasri Kota Malang. Hingga akhirnya disepakati pertemuan awal dengan beberapa tokoh masyarakat, termasuk Pak RW, Bu RT, RT, Penggerak PKK, dan beberapa kelompok pelaku wirausaha di Kelurahan Gading Kasri Kota Malang. Pertemuan awal sebagai Prelude Sharing Gagasan Membangun Kampung Wirausaha tersebut, dilaksanakan tadi malam, hari Jumat tanggal 5 Februari 2021, mulai pukul 19.15 – 22.45 WIB, di Taman Sale Garden RT 04, RW 02, Kelurahan Gading Kasri Kota Malang.

Pertemuan Prelude Sharing tersebut berlangsung sangat gayeng, guyub rukun dan penuh semangat kekeluargaan. Pak RW 02, terlihat sangat bisa menjadi teladan bagi warganya. Ditambah lagi suasana tempat pertemuannya, Taman Sale Garden, ternyata adalah sebuah Taman Anggrek, Working Space Daur Ulang Limbah, Bank Sampah Masyarakat, dan kolam refreshing pemancingan lele sukarela, sangat nyaman dan asyik untuk tempat diskusi serius. Wangi anggrek, gemercik air kolam, hujan gerimis, ditambah aroma sari kedeleai dan wedang kopi, sempurna sudah suasananya tadi malam. Semuanya itu terletak di gang sempit tengah kampung Kelurahan Gading Kasri.

Hasil dari pertemuan tersebut, seluruhnya menyepakati bahwa Rencana Pembangunan Kampung Wirausaha Indonesia di Kelurahan Gading Kasri Kota Malang, harus segera diwujudkan bersama-sama dengan prinsip guyub rukun, gotong royong dan kerja bersama. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan dukungan, bantuan dan kerja bersama dari berbagai pihak. Termasuk Pemkot Malang bersama dinas terkait, Bank Jatim, Tim Kerja MalangGleerrr.com, Perguruan Tinggi di Kota Malang, Tokoh Masyarakat, dan pihak-pihak lainnya. Untuk bisa menggerakkan semuanya itu, maka disepakati bahwa organisasi UMKM Kreatif Kelurahan Gading Kasri, yang sudah berjalan selama lebih dari 6 tahun ini, mulai sekarang bermetamorfosis menjadi organisasi Wirausaha Kreatif Kelurahan Gading Kasri Kota Malang. Organisasi inilah yang selanjutnya menjadi Lokomotif Utama dalam mewujudkan: Kelurahan Gading Kasri sebagai Kampung Wirausaha Indonesia di Kota Malang.

Langkah selanjutnya, organisasi Wirausaha Kreatif Kelurahan Gading Kasri dan Tim Kerja MalangGleerrr.com, akan segera mengajukan permohonan untuk bisa bertemu dengan Bapak Lurah Gading Kasri, Pimpinan Bank Jatim Kota Malang dan Walikota Malang. Untuk bersama-sama menyampaikan inisiatif dan kerjasama dalam mewujudkan Kelurahan Gading Kasri sebagai Kampung Wirausaha Indonesia di Kota Malang.

Meskipun acara Prelude Sharing ini dilakukan dengan suasana santai dan riang gembira, tetapi Pak Agus sebagai Sang Tuan Rumah Taman Sale Garden, sangat memperhatikan protokol kesehatan yang disiplin. Terima kasih Pak Agus, karena telah menjadi Tuan Rumah yang sangat baik hati dan penuh perhatian. Saya pun diberikan Tanaman Anggrek di dalam Pot Bambu Kreatif.

Dilaporkan oleh:
Wahyu Eko Setiawan/ Sam WES
CEO MalangGleerrr.com

MalangGleerrr PEDULI (Belarasa Kemanusiaan & Gotong Royong Berskala Besar)
Harapan Kolaborasi Masif UPT RSBN Malang, MalangGleerrr dan LINKSOS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Navigasi
Close

Keranjang

Close

Daftar Keinginan

Data pribadi anda akan digunakan untuk mengelola akses ke akun anda, dan untuk tujuan lain yang dijelaskan dalam kebijakan privasi kami.

Sudah punya akun ?

Close

Kategori